--> Sejarah Penggunaan Keris Beronce Pada Pengantin Pria Jawa | JENDELA JATENG DIY

Berbagi Informasi Menarik Mengenai Jateng dan DIY

Kamis, 12 Januari 2023

Sejarah Penggunaan Keris Beronce Pada Pengantin Pria Jawa

| Kamis, 12 Januari 2023

Dalam pernikahan adat Jawa, kita seringkali melihat mempelai pria mengenakan pakaian adat yg dilengkapi sebuah keris yg terselip di pinggangnya. Keris tersebut diperindah dg tambahan lilitan ronce bunga melati di bagian werangkanya.

Setiap bagian dari adat Jawa, pasti memiliki filosofi dan sejarahnya tersendiri. Termasuk dalam hal ini adalah Keris Beronce yg ada pada pakaian pengantin pria Jawa. Lantas, bagaimana sejarah dan filosofi di dalamnya?

Penggunaan accesories Keris Beronce pada pakaian pengantin pria Jawa, konon mulai dipakai oleh Ki Juru Mertani (penasehat Sutawijaya/pendiri Mataram Islam) saat putranya menikah.

Alasan Ki Juru Mertani menyelipkan tambahan Keris Beronce pada pakaian pengantin pria Jawa, karena ia terisnspirasi Arya Penangsang saat sedang bertarung melawan Sutawijaya.

Ilustrasi Arya Penangsang Melawan Sutawijaya (ceritarakyatnusantara.com)

Saat itu, Tombak Kyai Plered yg digunakan Sutawijaya berhasil mengenai lambung Arya Penangsang. Alhasil, Arya Penangsang pun terluka hingga ususnya terburai keluar.

Melihat kondisi tersebut, Arya Penangsang menautkan ususnya yg terburai pada sarung atau werangka Keris Setan Kober miliknya, dan melanjutkan pertarungan. Namun naas, saat ia mengeluarkan Keris untuk menghabisi Sutawijaya, mata kerisnya justru mengenai dan memotong ususnya yg ia tautkan pada werangka. Akhirnya, Arya Penangsang pun tewas terkena senjatanya sendiri.

Ki Juru Mertani yg menyaksikan kejadian tersebut, lantas terinspirasi akan keberanian dan kegagahan Arya Penangsang. Ia pun kemudian menambahkan accesories Keris Beronce, yg filosofinya agar pengantin pria bisa tampak lebih gagah dan berani seperti Arya Penangsang yg tetap berjuang meski dalam kondisi yg terluka.


Referensi:
"Ini Asal-Usul Mempelai Pria Mengenakan Keris Beronce Melati Dalam Pernikahan Adat Jawa" https://jogjakartanews,com/baca/2015/10/24/3407/ini-asal-usul-mempelai-pria-mengenakan-keris-beronce-melati-dalam-pernikahan-adat-jawa.

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar